RANGKUMAN MATERI OTOMATISASI TATA KELOLA KEUANGAN XI
A.
RUANG
LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN
Pengertian
Administrasi, Keuangan dan Administrasi keuangan
Administrasi
adalah proses kerjasama sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk mencapai
tujuan .
Pengertian
keuangan adalah kegiatan mengolah uang untuk melakukan transaksi pembayaran.
Pengertian
administrasi keuangan dalam arti sempit (tata usaha keuangan) adalah pencatatan
keluar masuknya uang untuk membiayai suatu kegiatan organisasi .
Pengertian
administrasi keuangan (pengelolaan keuangan) dalam arti luas adalah pengaturan
serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan maupun pemanfaatan
keuangan yang kegiatannya meliputi perencanaan, pengaturan pertanggungjawaban
dan pengawasan keuangan.
Komponen Administrasi
Keuangan
a. Perencanaan
keuangan adalah kegiatan merencanakan penerimaan dan pengeluaran uang.
b. Penganggaran
keuangan adalah membuat perkiraan secara detail pengeluaran dan pemasukan
keuangan.
c.
Pengelolaan keuangan
adalah penggunaan dana untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
d. Pencarian
keuangan adalah mencari sumber uang untuk kegiatan perusahaan.
e.
Penyimpanan keuangan
adalah pengumpulan dana dan menyimpan dana dengan aman.
f.
Pengendalian keuangan
adalah melakukan evaluasi serta perbaikan atas sistem keuangan.
g.
Pemeriksaan keuangan
adalah melakukan audit atau pemeriksaan keuangan perusahaan agar tidak terjadi
penyimpangan.
Prinsip Administrasi
Keuangan
a. Konsistensi
(consistency) adalah ketetapan dalam sistem pengelolaan keuangan (kecuali jika
terjadi perubahan yang ditetapkan oleh perusahaan).
b. Akuntabilitas
(accountability) adalah kewajiban moral individu untuk menjelaskan bagaimana
dana telah digunakan.
c.
Transparansi
(transparenct) adalah keterbukaan organisasi dalam hal pekerjaan dan
menyediakan informasi berkaitan dengan dana perusahaan.
d. Kelangsungan
hidup (viability) adalah menjaga keuangan organisasi agar sesuai dengan
rencana.
e.
Integritas (integrity)
adalah kejujuran dalam pembuatan laporan dan catatan keuangan agar selalu lengkap
dan akurat.
f.
Pengelolaan (
stewardship) adalah organisasi harus memastikan dana dikelola dengan baik dan
menjamin bahwa dana tersebut digunakan untuk mencapai tujuan.
g.
Standar akuntansi (
accounting standarts) adalah standar yang digunakan perusahaan harus sesuai
dengan standar akuntansi yang berlaku umum.
Tujuan Administrasi
Keuangan
a. Memperlancar
proses keluar masuk uang
b. Mempermudah
transaksi uang
c.
Adanya bukti transaksi
d. Mengetahui
kondisi keuangan diperusahaan
Manfaat Administrasi
Keuangan
a. Teraturnya
penerimaan dan pengeluaran uang.
b. Pemanfaatan
uang dikoordinasikan dengan baik
c.
Berkurangnya kekeliruan
dalam pembuatan laporan keuangan.
Petugas Administrasi
Keuangan
a. Pekerjaan
petugas administrasi keuangan adalah pengembangan proses, pelaporan, membuat pedoman
dan koordinasi dengan departemen lain.
b. Tanggungjawab
petugas adm. Keuangan adalah :
·
Membuat, memeriksa dan
mengarsip faktur, nota dan laporan hutang piutang
·
Membuat dan mengecek
tagihan
·
Menerima dan memeriksa
tagihan dan merekapnya
·
Memeriksa rangkuman kas
kecil
·
Menginput penerimaan
pembayaran dari pelanggan.
·
Memeriksa laporan
rekonsiliasi bank
·
Mengarsip seluruh
dokumen transaksi
·
Melakukan stok opname
untuk melihat adanya selisih barang.
c.
Fungsi administrasi
keuangan adalah :
·
Fungsi investasi adalah
penanaman modal organisasi ke dalam aktiva atau harta.
·
Fungsi mencari dana
adalah pencarian modal untuk membiayai usaha yang dijalankan.
·
Fungsi pembelanjaan
adalah penggunaan dana untuk membiayai seluruh kegiatan organisasi.
·
Fungsi pembagian laba
adalah menentukan aturan pembagian laba usaha.
Pengelolaan
Administrasi Keuangan
a. Menerima,
menyiapkan uang dan melaksanakan administrasinya
b. Menyiapkan
bukti transaksi
c.
Menyusun laporan kas
d. Meneliti
kelengkapan dan kebenaran bukti transaksi
e.
Menata dan mengatur
administrasi keuangan sesuai prosedur.
f.
Menyimpan dan
memelihara dokumen transaksi
g.
Menyiapkan serta menata
laporan keuangan berupa neraca, rugi laba dll beserta penjelasan dan lampiran.
B.
PENERIMAAN
ANGGARAN
Anggaran
adalah rencana yang disusun secara detail mengenai penerimaan uang dan
pengeluaran uang pada periode tertentu.
Kas
adalah aset perusahaan yang paling siap digunakan sebagai alat pembayaran yang
berupa uang tunai, uang dibank,cek,dll
Jenis
anggaran :
a. APBN
dan APBD untuk organisasi pemerintah
b. Rencana
Kegiatan dan Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk badan usaha BUMN / BUMD maupun
swasta.
Manfaat anggaran :
a. Perencanaan
terpadu
b. Pedoman
pelaksanaan kerja
c.
Alat koordinasi kerja
d. Alat
pengawasan kerja
e.
Alat evaluasi kerja
Tujuan anggaran :
a. Menyatakan
harapan dan sasaran perusahaan
b. Mengkomunikasikan
harapan manajemen kepada pihak terkait
c.
Menyediakan rencana
rinci mengenai aktivitas perusahaan
d. Koordinasi
cara yang ditempuh untuk memaksimalkan sumber dana
e.
Menyediakan alat ukur
pengendalian kinerja dan memberi informasi jika ada koreksi.
Prosedur
penerimaan kas
a. Bagian
dalam penerimaan uang.
·
Bagian surat masuk
bertugas menerima surat yang diterima perusahaan dan membuat daftar penerimaan
uang, mengumpulkan cek dan nota penjualan.
·
Kasir bertugas menerima
uang yang berasal dari bahan surat masuk pembayaran langsung dan menyetorkan uang ke bank
·
Bagian piutang
·
Bagian pemeriksa intern
b. Fungsi
penerimaan kas
·
Fungsi sekretariat
bertugas menerima cek dan surat pemberitahuan dari debitur dan membuat daftar
surat pemberitahuan yang diterima bersama cek dari debitur.
·
Fungsi penagihan adalah
bagian yang melakukan penagihan langsung kepada debitur berdasarkan daftar
piutang yang dibuat oleh fungsi akuntansi.
·
Fungsi kas bertanggung
jawab menerima cek dari fungsi sekretariat dan fungsi penagihan
·
Fungsi akuntansi
mencatat penerimaan kas
·
Fungsi pemeriksa intern
bertanggungjawab perhitungan uang kas yang ada ditangan fungsi kas secara
periodik
c.
Dokumen dalam sistem
penerimaan kas
·
Surat pemberitahuan
adalah surat yang dibuat oleh debitur yang memberi maksud pembayaran yang akan
dilakukan.
·
Daftar surat
pemberitahuan adalah rekapitulasi penerimaan kas yang dibuat sekretariat atau
penagihan
·
Bukti setor bank
·
Kuitansi adalah bukti
penerimaan kas yang dibuat oleh perusahaan bagi debitur yang telah membayar
C.
PENGELUARAN
ANGGARAN
Fungsi
pengeluaran kas
a. Fungsi
utang adalah bagian yang menerima dokumen yang digunakan sebagai bukti
pendukung pengeluaran kas.
b. Fungsi
kasir bertugas menerima bukti peneluaran uang dari bagian utang, menuliskan
nominal uang yang ditulis dalamcek dan meminta tanda tangan pejabat serta
memberikan cek pada orang yang namanya tercantum dalam cek
c.
Fungsi akuntansi
bertugas menerima lembar pertama bukti pengeluaran kas beserta bukti pendukung
kemudian mengurutkannya menurut urutan nomor urut bukti pengeluaran uang
d. Bagian
pengawasan intern bertugas mengecek pengeluaran kas dan mengecek
pertanggungjawaban dari pejabat berwenang selama proses pengeluaran uang
Digunakan
dalam sistem pengeluaran kas
a. Dokumen
pelengkap pengadaan dan penerimaan barang/jasa, untuk mendukung pengeluaran kas
b. Cek
yaitu dokumen yang digunakan untuk memerintahkan melakukan pembayaran sejumlah
uang kepada orang yang namanya tercantum dalam cek.
c.
Voucher adalah
permintaan dari yang memerlukan pengeluaran uang.
Catatan yang digunakan perusahaan
untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran kas :
a. Buku
besar adalah buku yang digunakan untuk mencatatat perubahan harta, hutang,
modal, pendapatan dan beban
b. Buku
piutang dan buku utang adalah buku yang digunakan untuk mencatat piutang dan
utang perusahaan
c.
Buku jurnal penjualan
untuk mencatat penjualan produk secara kredit, jurnal pembelian untuk mencatat
pembelian produk secara kredit. Jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas untuk
mencatat penerimaan dan pengeluaran kas. Jurnal umum untuk mencatat semua
transaksi yang tidak tercakup dalam 4 jurnal tsb.
D.
PENDOKUMENTASIAN
BUKTI-BUKTI PENGGUNAAN ANGGARAN
Pengertian Transaksi
dan Bukti Transaksi
Transaksi
adalah suatu aktivitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi
harta keuangan perusahaan, misalnya menjual, membeli, dll. Bukti transaksi
adalah suatu bukti yang tertulis atas terjadinya setiap kegiatan transaksi
dalam suatu perusahaan atau bisnis. Dokumen transaksi adalah dokumen dasar
transaksi yang berasal dari dalam dan luar yang digunakan sebagai sumber
pencatatan atau penyusunan laporan keuangan oleh suatu unit usaha.
Fungsi dan Manfaat
Bukti Transaksi
wujud
dari bukti transaksi bisa berupa dokumen tertulis maupun elektronik. Bukti
transaksi memiliki fungsi pokok sebagai perekam pertama setiap transaksi yang
dilakukan perusahaan yang nantinya akan didokumentasikan dan
dipertanggungjawabkan secara akuntansi. Selain itu bukti transaksi juga dapat
memberikan informasi tentang berbagai kemungkinan yang terjadi dalam kegiatan
transaksi. Informasi dalam bukti transaksi adalah :
a. Siapa
yang melakukan transasksi
b. Rekening
apa yang berpengaruh dengan transaksi yang terjadi
c.
Penetapan pencatatan
rekening ke dalam pencatatan berikutnya (jurnal)
Kegunaan bukti transaksi :
a. Bukti
yuridis dari suatu transaksi keuangan
b. Menjadi
rujukan jika ada masalah di kemudian hari
c.
Pertanggungjawaban atas
pelaksanaan suatu transaksi sehingga kebenaran transaksi terjamin.
Manfaat utama bukti transaksi
adalah menyediakan bukti tertulis tentang transaksi yang dilakukan sekaligus
menghindari kemungkinan terjadinya sengketa dimasa datang.
Jenis bukti transaksi
Bukti transaksi dilihat dari
asalnya dibagi menjadi dua yaitu :
a. Bukti
transaksi internal yaitu bukti transaksi yang terjadi di dalam perusahaan
biasanya berupa memo dari pimpinan.
b. Bukti
transaksi eksternal yaitu bukti transaksi yang terjadi dengan pihak luar
perusahaan. Jenis transaksi eksternal :
· Faktur
(invoice) yaitu bukti transaksi penjualan barang secara kredit, dibuat oleh
penjual dan disampaikan kepada pihak pembeli. Dibuat rangkap dua, yang asli
diberikan pembeli yang copy dipegang penjual sebagai bukti penjualan.
· Kuitansi
(official receipt) adalah bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran
sesuatu. Kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh oleh pihak yang menerima uang
dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran. Kuitansi terdiri dari
dua bagian, pertama yang diberikan kepada pihak pembayar sedangkan yang
tertinggal (sus/bonggol kuitansi) dijadikan bukti pencatatan penerimaan uang.
· Nota
kontan adalah bukti transaksi terjadinya pembelian secara tunai. Nota kontan
dibuat oleh penjual untuk pembeli dan biasanya dibuat rangkap 2 lembar asli
diberikan pembeli salinannya digunakan sebagai arsip penjual.
· Nota
debit ( debit memo) adalah bukti transaksi adanya pengembalian barang karena
barang rusak atau tidak sesuai pesanan. Nota debit memiliki maksud untuk
meminta pengurangan harga kepada penjual atau memberitahu penjual bahwa akunnya
telah di debit dalam jumlah tertentu oleh pembeli karena kesalahan maupun
kerusakan barang yang diterima pembeli. Nota debit dibuat oleh pembeli.
· Nota
kredit (kredit memo) adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang
telah dijual karena barang rusak atau tidak sesuai pesanan pembeli. Nota kredit
dikeluarkan oleh pihak penjual.
· Memo
adalah bukti transaksi yang dibuat oleh pimpinan perusahaan atau orang yang
berwenang untuk kejadian yang berlangsung dalam internal perusahaan.
· Cek
adalah surat perintah kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada orang
atau perusahaan yang namanya tercantum dalam cek. Cek terdiri dari 2 bagian,
bagian utama diserahkan kepada pihak lain sebagai alat pembayaran sedangkan
bonggol cek dijadikan bukti tambahan transaksi.
· Bilyet
giro adalah surat perintah kepada bank untuk memindahbukukan uang direkening
bank kepada rekening pihak lain sesuai nama yang tercantum dalam bilyet giro.
Penerima bilyet giro tidak bisa menukarkan uang tunai kepada bank tetapi hanya
dapat menyetorkan bilyet giro sebagai tambahan simpanan di bank.
· Rekening
koran adalah bukti mutasi kas di bank yang disusun oleh bank untuk para
nasabahnya, dan digunakan sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas
perusahaan dan saldo kas bank.
Langkah-langkah
penyimpanan dokumentasi transaksi
a. Cek
semua bukti transaksi
b. Kelompokkan
bukti transaksi menjadi ke bukti transaksi penerimaan atau pengeluaran
c.
Catatlah setiap bukti
transaksi penerimaan ke dalam bukti kas masuk. Satukan bukti kas masuk dengan
bukti transaksi menggunakan stapler dengan posisi bukti transaksi dibelakang
bukti kas masuk.
d. Catatlah
bukti transaksi pengeluaran kas ke dalam bukti kas keluar lalu satukan bukti
kas keluar dengan bukti pengeluaran dengan posisi bukti transaksi dibelakang
bukti kas keluar.
e.
Siapkan ordner untuk
mendokumentasikan bukti transaksi dengan dua guide debit dan kredit
f.
Tulis pada ordner bulan
dan tahun sebagai judul
g.
Beri lubang pada sisi
kiri bukti kas masuk dan keluar serta bukti transaksinya dengan perforator
h. Masukkan
dan susunlah bukti transaksi secara kronologi dengan posisi transaksi terlama
(tanggal 1) berada diposisi paling bawah dan tanggal terakhir di paling atas
disetiap bulannya. Bukti transaksi pengeluaran pada guide kredit dan
sebaliknya.
E.
PEMBUATAN
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN
Laporan
keuangan adalah gambaran mengenai dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa
lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik
ekonominya. Laporan keuangan adalah sumber informasi bagi pihak yang
berkepentingan terhadap perusahaan karena dari laporan dapat dilihat dampak
dari suatu peristiwa sehingga pihak yang berkepentingan dapat menilai kinerja
perusahaan.
Tujuan
laporan keuangan
a. Menyediakan
informasi tentang aktivitas bisnis dan ekonomi untuk membuat keputusan
investasi.
b. Menyediakan
informasi berguna untuk investor yang potensial, kreditor yang ada serta dapat
digunakan untuk menilai masa depan.
c.
Menyediakan informasi
yang menunjukkan tentang sumber daya ekonomi, klaim terhadap sumber daya
tersebut dan perubahan didalamnya.
Unsur
laporan keuangan
a. Aset
(harta/aktiva)
Aset adalah sumber daya yang
dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana
manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan. Aset dibagi
dua yaitu :
·
Aset lancar yaitu kas
dan aset lain yang diperkirakan dapat dikonversi menjadi uang jika dijual dalam
jangka waktu satu tahun.
·
Aset tetap adalah aset
yang dimiliki tidak untuk dijual kembali, digunakan untuk operasi perusahaan
dan mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun.
b. Kewajiban
(hutang)
Kewajiban adalah hutang perusahaan
masa kini yang timbul akibat dari peristiwa masa lalu penyelesaiannya
diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan. Kewajiban
dibagi menjadi 2 yaitu :
·
Kewajiban jangka pendek
adalah kewajiban yang diperkirakan dapat dilunasi dalam jangka waktu satu tahun
atau kurang.
·
Kewajiban jangka
panjang adalah kewajiban yang diperkirakan secara layak dilunasi dalam jangka
waktu lebih dari satu tahun.
c.
Ekuitas (modal)
Ekuitas adalah modal pemilik yang
didapatkan dari aset perusahaan dikurangi dengan semua kewajiban. Modal bagi
perusahaan perorangan menunjukkan modal dari pemilik. Modal persekutuan
menunjukkan modal yang ditanam oleh sekutu yang mendirikan peruasahaan. Modal
PT terdiri dari saham investor PT. Modal koperasi adalah modal dari simpanan
anggota.
d. Penghasilan
/ income
Penghasilan adalah kenaikan manfaat
ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan
aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan modal yang tidak
berasal dari kontribusi penanaman modal. Pendapatan dibagi menjadi dua yaitu :
·
Pendapatan (revenue)
timbul dari pelaksanaan aktivitas perusahaan seperti penjualan, penghasilan
jasa (fee), bunga, deviden, royalti, sewa, dll.
·
Keuntungan (gains)
merupakan suatu hal yang ditimbulkan dari pelaksanaan aktivitas perusahaan yang
dapat menambah rekening kas perusahaan.
e.
Beban (expenses)
Adalah penurunan manfaat ekonomi
selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau
terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut
pembagian penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam
modal. Beban mencakup beberapa hal antara lain :
·
Beban yang timbul dalam
pelaksanaan aktivitas perusahaan biasa. Nilai beban timbul secara tetap setiap
periode dan nilainya berbanding lurus dengan intensitas aktivitas yang
dilakukan.
·
Kerugian merupakan hal
yang diakibatkan dari aktivitas perusahaan yang dapat mengurangi rekening kas.
Kerugian diakibatkan karena jumlah beban lebih besar daripada penghasilan
perusahaan. Mis : bencana, penurunan aset,dll.
Membuat
Laporan Keuangan
Laporan keuangan terdiri dari empat
jenis :
a. Laporan
rugi laba (income statement atau profit loss statement)
Laporan ini membandingkan jumlah
semua pendapatan dan semua beban dalam suatu periode.
Isi laporan laba rugi :
·
Pendapatan yaitu uang
tunai atau tagihan yang diperoleh dari kegiatan usaha perusahaan dan akun
menambah jumlah modal perusahaan. Modal dibagi menjadi pendapatan usaha
(pendapatan yang diperoleh dari kegiatan usaha) dan pendapatan diluar usaha (
diperoleh dari usaha sampingan )
·
Beban yaitu nilai harta
yang habis digunakan yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan selama jangka
waktu tertentu. Beban dibagi 2 yaitu :beban usaha ( beban yang dikeluarkan
untuk memperoleh pendapatan usaha) beban diluar usaha (beban yang tidak
langsung berhubungan dengan kegiatan usaha untuk memperoleh pendapatan).
Bentuk laporan laba rugi :
·
Bentuk tunggal yaitu
jika pendapatan usaha dan pendapatan diluar usaha disajikan dalam satu kelompok
demikian juga dengan beban. Laba rugi bersih dihitung dengan cara mengurangi
jumlah pendapatan dan jumlah beban.
·
Bentuk bertahap
biasanya dipakai untuk perusahaan dagang.
Contoh laporan rugi laba
b. Perubahan
modal
Laporan perubahan modal berisi :
·
Penambahan setoran dari
pemilik selama periode berjalan
·
Pengambilan aset
pemilik untuk kepentingan pribadi (prive)
·
Hasil kegiatan bisnis,
yaitu laba rugi.
Contoh laporan perubahan modal
c.
Neraca
Neraca adalah laporan tentang
posisi keuangan perusahaan pada satu titik tertentu. Neraca dibuat setiap akhir
bulan dan akhir tahun. Contoh neraca
d. Laporan
arus kas
Adalah laporan yang memberikan
informasi historis mengenai perubahan kas dan dari suatu perusahaan berdasarkan
aktivitas operasi, investasi, maupun pendanaan selama suatu periode akuntansi.
Tujuan laporan arus kas adalah untuk memberikan informasi penting mengenai
penerimaan dan pengeluaran kas dalam periode akuntansi tertentu untuk
mengevaluasi pos penyajian laporan keuangan.Laporan arus kas terdiri dari :
·
Sumber dan penggunaan
kas dari kegiatan operasional (kas bersih yang diperoleh dari penjualan barang
atau jasa dikurangi kas keluar dari memproduksi barang/jasa)
·
Sumber penggunaan kas
untuk kegiatan investasi
·
Sumber penggunaan kas
untuk kegiatan pendanaan.
Contoh laporan arus kas
F.
DOKUMEN
PENGAJUAN UANG TUNAI
Pengajuan uang tunai / dana kas
kecil adalah sejumlah uang kas yang disediakan perusahaan untuk membayar
pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relative kecil dan untuk keperluan yang
tidak terencana untuk mendukung kelancaran kegiatan pimpinan dan tidak efektif
bila dibayar melalui cek.
Dana kas kecil diserahkan kepada
juru bayar kas kecil perusahaan yang akan bertanggungjawab penuh atas pengeluaran
dan penggunaan dana kas kecil. Pengisian dana kas kecil dapat dilakukan
berdasarkan permintaan pemegang dana kas kecil jika saldonya menipis atau
secara periodik.
Karakteristik dokumen pengajuan kas
kecil :
·
Jumlahnya dibatasi
sehingga tidak melebihi atau tidak kurang dari jumlah yang telah ditentukan
sesuai dengan aturan perusahaan masing-masing
·
Digunakan untuk
mendanai transaksi kecil yang bersifat rutin setiap hari
·
Disimpan ditempat
khusus misalnya brankas
·
Ditangani atau dipegang
oleh petugas keuangan tingkat pemula.
Tujuan dibentuknya dokumen
pengajuan uang tunai :
·
Untuk membayar
pengeluaran yang jumlahnya kecil
·
Untuk membayar
pengeluaran yang sifatnya mendadak
·
Untuk membantu
kelancaran kegiatan pimpinan
·
Untuk membantu
administrasi kantor atau sekretaris dalam melaksanakan tugasnya
Prosedur penanganan dokumen
pengajuan uang tunai :
·
Administrasi kantor
atau sekretaris membuat permohonan pengisian pengajuan uang tunai kepada bagian
keuangan (bendahara) dengan melampirkan pembukuan kas kecil bulan sebelumnya
yang telah disetujui oleh pimpinan
·
Jika permohonan
disetujui administrasi kantor atau sekretaris menerima dana pengisian kas kecil
dari bagian keuangan perusahaan berupa uang tunai/cek
·
Sekretaris mencatat
penerimaan dana ke dalam bukti kas masuk ditandatangani oleh administrasi
kantor atau sekretaris dan kasir atau bendahara serta disetujui oleh pimpinan
dari sekretaris tersebut serta dilampiri fotokopi cek.
·
Catat pemasukan kas ke
dalam buku kas
·
Uang disimpan dalam
tempat yang aman
·
Bukti kas disimpan
dalam ordner
·
Sekretaris dapat
mengeluarkan dana kas kecil sesuai dengan keperluan pimpinan
·
Setiap terjadi
pengeluaran sekretaris harus mencatat ke dalam bukti kas keluar dengan bukti
transaksi penggunaan uang
·
Minta tandatangan
pimpinan pada bukti kas keluar
·
Catat dan masukkan data
bukti kas keluar k dalam buku kas sesuai dengan sistem yang digunakan
·
Buat laporan
pertanggungjawaban penggunaan kas kecil lengkap dengan bukti transaksinya
Prosedur pengelolaan dokumen
pengjuan uang tunai “
·
Catatlah setiap bukti
transaksi penerimaan dana kas kecil ke dalam bukti kas masuk
·
Satukan bukti kas masuk
dengan bukti transaksi penerimaan menggunakan stapler
·
Catatlah setiap bukti
transaksi pengeluaran kas kecil ke dalam bukti kas keluar
·
Satukan bukti kas
keluar dengan bukti transaksi pengeluaran
·
Siapkan ordner untuk
mendokumentasikan bukti transaksi dengan 2 buah guide yaitu debet atau debit
Dokumen pengajuan uang tunai :
·
Formulir pengajuan dana
kas kecil
·
Formulir penerimaan
uang tunai
·
Formulir bukti
pengeluaran uang tunai
SOAL
1. Pembuatan
aturan atau kebijakan tentang penggunaan dan penerimaan keuangan merupakan
pengertian dari ....
a. Administrasi
b. Keuangan
c.
Manajemen keuangan
d. Administrasi
keuangan dalam arti sempit
e.
Administrasi keuangan
dalam arti luas
2. Pembuatan
secara detail pengeluaran dan penerimaan uang termasuk dalam komponen
administrasi keuangan yang berupa ...
a. Perencanaan
keuangan
b. Penganggaran
keuangan
c.
Pengelolaan keuangan
d. Pencarian
keuangan
e.
Pengendalian keuangan
3. Organisasi
harus terbuka dengan pekerjaan, menyediakan informasi yang berkaitan dengan
rencana dan aktivitas administrasi keuangan adalah prinsip administrasi
keuangan ....
a. Konsistensi
b. Akuntabilitas
c.
Transparansi
d. Integritas
e.
Pengelolaan
4. Kegiatan
penggunaan dana untuk membiayai seluruh kegiatan organisasi adalah fungsi
administrasi keuangan ....
a. Pembelanjaan
b. Investasi
c.
Mencari dana
d. Pembagian
laba
e.
Rekonsiliasi
5. Catatan
yang digunakan untuk mencatat perubahan harta, hutang, modal, pendapatan dan
beban disebut....
a. Buku
besar
b. Jurnal
penjualan
c.
Jurnal penerimaan kas
d. Buku
piutang
e.
Buku kas kecil
6. Berikut
ini yang bukan merupakan tanggungjawab dari petugas administrasi keuangan adalah
....
a. Membuat,
memeriksa dan mengarsip faktur, nota dan laporan hutang piutang
b. Membuat
dan mengecek tagihan pada para debitur
c.
Menerima dan memeriksa
tagihan dan merekapnya
d. Memeriksa
rangkuman kas kecil
e.
Membuat surat keputusan
besarnya dana kas kecil
7. Bagian
yang menerima bukti pengeluaran kas dalam buku jurnal pengeluaran kas adalah
....
a. Kasir
b. Akuntansi
c.
Utang
d. Bendahara
e.
Pemegang dana kas kecil
8. Bagian
dalam penerimaan kas yang bertugas memeriksa keuangan perusahaan disebut ....
a. Bagian
akuntansi
b. Bagian
kasir
c.
Bagian kas kecil
d. Bagian
piutang
e.
Bagian audit
9. Aset
perusahaan yang paling siap digunakan sebagai alat pembayaran disebut ....
a. Anggaran
b. Kas
c.
Sekretariat
d. Utang
e.
Asset
10. Dokumen
yang dibuat oleh orang yang memerlukan pengeluaran uang kepada kasir adalah
....
a. Bukti
kas masuk
b. Bukti
kas keluar
c.
Voucher
d. Jurnal
e.
Daftar piutang
11. Rangkaian
kegiatan dan prosedur dalam mengelola uang disebut ....
a. uang
b. keuangan
c.
administrasi
d. administrasi
keuangan dalam arti luas
e.
administrasi keuangan
dalam arti sempit
12. Berikut
ini yang bukan merupakan tujuan administrasi keuangan adalah ....
a. berkurangnya
kekeliruan pembuatan laporan keuangan
b. memperlancar
proses keluar masuknya uang
c.
mempermudah transaksi
keuangan
d. adanya
pencatatan transaksi keuangan
e.
mengetahui kondisi
keuangan perusahaan
13.
Berikut ini yang bukan merupakan aliran kas masuk
adalah ....
a. hasil penjualan
b. penagihan piutang
c.
penjualan aktiva
d. administrasi penjualan
e.
pinjaman dari pihak lain
- Bagian
yang bertugas menerima uang dari pembayaran langsung hasil penjualan
disebut ....
a. bagian utang
b. bagian kasir
c.
bagian piutang
d. bagian pemeriksa
e.
bagian akuntansi
- Menerima
cek dari debitur adalah tanggungjawab dari fungsi penerimaan kas ....
a. fungsi sekretariat
b. fungsi penagihan
c.
fungsi kas
d. fungsi akuntansi
e.
fungsi pemeriksaan intern
- Fungsi
dalam penerimaan kas yang bertugas untuk menghitung jumlah uang yang ada
ditangan secara periodik disebut ....
a. fungsi sekretariat
b. fungsi penagihan
c.
fungsi kas
d. fungsi akuntansi
e.
fungsi pemeriksaan intern
- Berikut
yang bukan merupakan dokumen yang digunakan untuk penerimaan kas adalah
....
a. Surat Pemberitahuan
b. Daftar Surat Pemberitahuan
c.
Bukti Setor Bank
d. Kuitansi
e.
Faktur
- Berikut
ini yang bukan merupakan aliran kas keluar adalah ....
a. biaya bahan baku
b. pembelian aktiva
c.
pinjaman atau hutang
d. pembayaran pajak
e.
pembayaran investasi
- Fungsi
pengeluaran kas yang memiliki tugas menerima dokumen dari bagian lain yang
akan digunakan sebagai bukti pendukung adanya transaksi adalah tugas dari
fungsi ....
a. utang
b. kasir
c.
akuntansi
d. pengawas intern
e. penjualan
20. Berikut
ini yang bukan merupakan aliran kas keluar adalah ....
a. Pembelian
aktiva tetap
b. Pembayaran
beban
c.
Pinjaman dari pihak
lain
d. Pembayaran
kembali investasi
e.
Pembayaran hutang
21.
Apabila penjual menjual
barangnya secara kredit, maka bukti transaksi yang harus dibuat penjual adalah
....
a. Faktur
b. Nota
debit
c.
Nota kredit
d. Cek
e.
Bilyet giro
22.
Surat perintah kepada
bank untuk memindah bukukan uang dari rekeningnya ke rekening penerima adalah
pengertian dari ....
a. Cek
b. Kuitansi
c.
Bilyet giro
d. Nota
debit
e.
Nota kredit
23.
Berikut ini yang bukan
merupakan langkah pendokumentasian bukti penggunaan anggaran adalah ....
a. Cek
semua bukti transaksi
b. Kelompokkan
bukti transaksi kedalam kelompok penerimaan dan pengeluaran
c.
Catatlah bukti
transaksi penerimaan kedalam bukti kas masuk
d. Siapkan
ordner dan guide untuk menyimpan bukti transaksi
e.
Masukkan bukti
transaksi kedalam ordner dengan urutan abjad
24.
Berikut ini yang bukan
termasuk tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah ....
a. Menyediakan
informasi bagi pemilik perusahaan
b. Menyediakan
informasi bagi investor
c.
Menyediakan informasi
bagi para kompetitor
d. Menyediakan
informasi yang menunjukkan tentang sumber daya ekonomi
e.
Menyediakan informasi
mengenai perubahan modal dan aktiva perusahaan
25.
Kas atau tagihan yang
diperoleh dari kegiatan usaha perusahaan dan akan menambah jumlah modal
perusahaan disebut ....
a. Harta
b. Kewajiban
c.
Ekuitas
d. Pendapatan
e.
Beban
26.
Laporan keuangan yang
menunjukkan total aktiva dan total pasiva adalah ....
a. Laporan
laba rugi
b. Laporan
perubahan modal
c.
Laporan neraca
d. Laporan
arus kas
e.
Buku besar
27.
Untuk membuat laporan
perubahan modal yang dibutuhkan adalah unsur laporan keuangan ....
a. Total
modal dan total aktiva
b. Total
modal dan total prive
c.
Total modal dan total
beban
d. Total
modal dan pendapatan
e.
Total modal dan
kewajiban
28.
Berikut ini yang bukan
merupakan karakteristik dokumen pengajuan uang tunai adalah ....
a. Jumlah
kas kecil tidak dibatasi penggunaannya
b. Kas
nantinya digunakan untuk mendanai transaksi kecil yang bersifat rutin
c.
Kas disimpan ditempat
khusus (brankas) yang aman
d. Kas
dipegang oleh petugas keuangan di tingkat pemula
e.
Kas digunakan untuk
membantu pimpinan untuk melaksansakan tugasnya
29.
Dalam pengajuan uang
tunai / kas kecil pihak yang memberikan uang sebagai pengisian kembali dana kas
kecil adalah ....
a. Staff
administrasi
b. Sekretaris
c.
Bendahara
d. Pimpinan
e.
Kasir
30.
Berikut ini yang bukan
merupakan prosedur pengelolaan dokumen pengajuan uang tunai adalah ....
a. Administrasi
kantor atau sekretaris membuat permohonan pengisian pengajuan uang tunai kepada
pimpinan
b. Jika
permohonan disetujui administrasi kantor atau sekretaris menerima dana
pengisian kas kecil dari bagian keuangan perusahaan berupa uang tunai/cek
c.
Sekretaris mencatat
penerimaan dana ke dalam bukti kas masuk ditandatangani oleh administrasi
kantor atau sekretaris dan kasir atau bendahara serta disetujui oleh pimpinan
dari sekretaris tersebut serta dilampiri fotokopi cek.
d. Catat
pemasukan kas ke dalam buku kas
e.
Uang disimpan dalam
tempat yang aman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar