Selasa, 09 Juli 2019

RANGKUMAN MATERI DAN SOAL OTK KEUANGAN XI


RANGKUMAN MATERI OTOMATISASI TATA KELOLA KEUANGAN XI
A.      RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEUANGAN
Pengertian Administrasi, Keuangan dan Administrasi keuangan
Administrasi adalah proses kerjasama sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan .
Pengertian keuangan adalah kegiatan mengolah uang untuk melakukan transaksi pembayaran.
Pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit (tata usaha keuangan) adalah pencatatan keluar masuknya uang untuk membiayai suatu kegiatan organisasi .
Pengertian administrasi keuangan (pengelolaan keuangan) dalam arti luas adalah pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan maupun pemanfaatan keuangan yang kegiatannya meliputi perencanaan, pengaturan pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan.
Komponen Administrasi Keuangan
a.       Perencanaan keuangan adalah kegiatan merencanakan penerimaan dan pengeluaran uang.
b.       Penganggaran keuangan adalah membuat perkiraan secara detail pengeluaran dan pemasukan keuangan.
c.        Pengelolaan keuangan adalah penggunaan dana untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
d.       Pencarian keuangan adalah mencari sumber uang untuk kegiatan perusahaan.
e.        Penyimpanan keuangan adalah pengumpulan dana dan menyimpan dana dengan aman.
f.        Pengendalian keuangan adalah melakukan evaluasi serta perbaikan atas sistem keuangan.
g.        Pemeriksaan keuangan adalah melakukan audit atau pemeriksaan keuangan perusahaan agar tidak terjadi penyimpangan.
Prinsip Administrasi Keuangan
a.       Konsistensi (consistency) adalah ketetapan dalam sistem pengelolaan keuangan (kecuali jika terjadi perubahan yang ditetapkan oleh perusahaan).
b.       Akuntabilitas (accountability) adalah kewajiban moral individu untuk menjelaskan bagaimana dana telah digunakan.
c.        Transparansi (transparenct) adalah keterbukaan organisasi dalam hal pekerjaan dan menyediakan informasi berkaitan dengan dana perusahaan.
d.       Kelangsungan hidup (viability) adalah menjaga keuangan organisasi agar sesuai dengan rencana.
e.        Integritas (integrity) adalah kejujuran dalam pembuatan laporan dan catatan keuangan agar selalu lengkap dan akurat.
f.        Pengelolaan ( stewardship) adalah organisasi harus memastikan dana dikelola dengan baik dan menjamin bahwa dana tersebut digunakan untuk mencapai tujuan.
g.        Standar akuntansi ( accounting standarts) adalah standar yang digunakan perusahaan harus sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum.
Tujuan Administrasi Keuangan
a.       Memperlancar proses keluar masuk uang
b.       Mempermudah transaksi uang
c.        Adanya bukti transaksi
d.       Mengetahui kondisi keuangan diperusahaan
Manfaat Administrasi Keuangan
a.       Teraturnya penerimaan dan pengeluaran uang.
b.       Pemanfaatan uang dikoordinasikan dengan baik
c.        Berkurangnya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan.
Petugas Administrasi Keuangan
a.       Pekerjaan petugas administrasi keuangan adalah pengembangan proses, pelaporan, membuat pedoman dan koordinasi dengan departemen lain.
b.       Tanggungjawab petugas adm. Keuangan adalah :
·         Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota dan laporan hutang piutang
·         Membuat dan mengecek tagihan
·         Menerima dan memeriksa tagihan dan merekapnya
·         Memeriksa rangkuman kas kecil
·         Menginput penerimaan pembayaran dari pelanggan.
·         Memeriksa laporan rekonsiliasi bank
·         Mengarsip seluruh dokumen transaksi
·         Melakukan stok opname untuk melihat adanya selisih barang.
c.        Fungsi administrasi keuangan adalah :
·         Fungsi investasi adalah penanaman modal organisasi ke dalam aktiva atau harta.
·         Fungsi mencari dana adalah pencarian modal untuk membiayai usaha yang dijalankan.
·         Fungsi pembelanjaan adalah penggunaan dana untuk membiayai seluruh kegiatan organisasi.
·         Fungsi pembagian laba adalah menentukan aturan pembagian laba usaha.
Pengelolaan Administrasi Keuangan
a.       Menerima, menyiapkan uang dan melaksanakan administrasinya
b.       Menyiapkan bukti transaksi
c.        Menyusun laporan kas
d.       Meneliti kelengkapan dan kebenaran bukti transaksi
e.        Menata dan mengatur administrasi keuangan sesuai prosedur.
f.        Menyimpan dan memelihara dokumen transaksi
g.        Menyiapkan serta menata laporan keuangan berupa neraca, rugi laba dll beserta penjelasan dan lampiran.
B.      PENERIMAAN ANGGARAN
Anggaran adalah rencana yang disusun secara detail mengenai penerimaan uang dan pengeluaran uang pada periode tertentu.
Kas adalah aset perusahaan yang paling siap digunakan sebagai alat pembayaran yang berupa uang tunai, uang dibank,cek,dll
Jenis anggaran :
a.       APBN dan APBD untuk organisasi pemerintah
b.       Rencana Kegiatan dan Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk badan usaha BUMN / BUMD maupun swasta.
Manfaat anggaran :
a.       Perencanaan terpadu
b.       Pedoman pelaksanaan kerja
c.        Alat koordinasi kerja
d.       Alat pengawasan kerja
e.        Alat evaluasi kerja
Tujuan anggaran :
a.       Menyatakan harapan dan sasaran perusahaan
b.       Mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak terkait
c.        Menyediakan rencana rinci mengenai aktivitas perusahaan
d.       Koordinasi cara yang ditempuh untuk memaksimalkan sumber dana
e.        Menyediakan alat ukur pengendalian kinerja dan memberi informasi jika ada koreksi.
Prosedur penerimaan kas
a.       Bagian dalam penerimaan uang.
·         Bagian surat masuk bertugas menerima surat yang diterima perusahaan dan membuat daftar penerimaan uang, mengumpulkan cek dan nota penjualan.
·         Kasir bertugas menerima uang yang berasal dari bahan surat masuk pembayaran langsung dan  menyetorkan uang ke bank
·         Bagian piutang
·         Bagian pemeriksa intern
b.       Fungsi penerimaan kas
·         Fungsi sekretariat bertugas menerima cek dan surat pemberitahuan dari debitur dan membuat daftar surat pemberitahuan yang diterima bersama cek dari debitur.
·         Fungsi penagihan adalah bagian yang melakukan penagihan langsung kepada debitur berdasarkan daftar piutang yang dibuat oleh fungsi akuntansi.
·         Fungsi kas bertanggung jawab menerima cek dari fungsi sekretariat dan fungsi penagihan
·         Fungsi akuntansi mencatat penerimaan kas
·         Fungsi pemeriksa intern bertanggungjawab perhitungan uang kas yang ada ditangan fungsi kas secara periodik
c.        Dokumen dalam sistem penerimaan kas
·         Surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat oleh debitur yang memberi maksud pembayaran yang akan dilakukan.
·         Daftar surat pemberitahuan adalah rekapitulasi penerimaan kas yang dibuat sekretariat atau penagihan
·         Bukti setor bank
·         Kuitansi adalah bukti penerimaan kas yang dibuat oleh perusahaan bagi debitur yang telah membayar
C.      PENGELUARAN ANGGARAN
Fungsi pengeluaran kas
a.       Fungsi utang adalah bagian yang menerima dokumen yang digunakan sebagai bukti pendukung pengeluaran kas.
b.       Fungsi kasir bertugas menerima bukti peneluaran uang dari bagian utang, menuliskan nominal uang yang ditulis dalamcek dan meminta tanda tangan pejabat serta memberikan cek pada orang yang namanya tercantum dalam cek
c.        Fungsi akuntansi bertugas menerima lembar pertama bukti pengeluaran kas beserta bukti pendukung kemudian mengurutkannya menurut urutan nomor urut bukti pengeluaran uang
d.       Bagian pengawasan intern bertugas mengecek pengeluaran kas dan mengecek pertanggungjawaban dari pejabat berwenang selama proses pengeluaran uang
Digunakan dalam sistem pengeluaran kas
a.       Dokumen pelengkap pengadaan dan penerimaan barang/jasa, untuk mendukung pengeluaran kas
b.       Cek yaitu dokumen yang digunakan untuk memerintahkan melakukan pembayaran sejumlah uang kepada orang yang namanya tercantum dalam cek.
c.        Voucher adalah permintaan dari yang memerlukan pengeluaran uang.
Catatan yang digunakan perusahaan untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran kas :
a.       Buku besar adalah buku yang digunakan untuk mencatatat perubahan harta, hutang, modal, pendapatan dan beban
b.       Buku piutang dan buku utang adalah buku yang digunakan untuk mencatat piutang dan utang perusahaan
c.        Buku jurnal penjualan untuk mencatat penjualan produk secara kredit, jurnal pembelian untuk mencatat pembelian produk secara kredit. Jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran kas. Jurnal umum untuk mencatat semua transaksi yang tidak tercakup dalam 4 jurnal tsb.

D.      PENDOKUMENTASIAN BUKTI-BUKTI PENGGUNAAN ANGGARAN
Pengertian Transaksi dan Bukti Transaksi
Transaksi adalah suatu aktivitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, misalnya menjual, membeli, dll. Bukti transaksi adalah suatu bukti yang tertulis atas terjadinya setiap kegiatan transaksi dalam suatu perusahaan atau bisnis. Dokumen transaksi adalah dokumen dasar transaksi yang berasal dari dalam dan luar yang digunakan sebagai sumber pencatatan atau penyusunan laporan keuangan oleh suatu unit usaha.
Fungsi dan Manfaat Bukti Transaksi
wujud dari bukti transaksi bisa berupa dokumen tertulis maupun elektronik. Bukti transaksi memiliki fungsi pokok sebagai perekam pertama setiap transaksi yang dilakukan perusahaan yang nantinya akan didokumentasikan dan dipertanggungjawabkan secara akuntansi. Selain itu bukti transaksi juga dapat memberikan informasi tentang berbagai kemungkinan yang terjadi dalam kegiatan transaksi. Informasi dalam bukti transaksi adalah :
a.       Siapa yang melakukan transasksi
b.       Rekening apa yang berpengaruh dengan transaksi yang terjadi
c.        Penetapan pencatatan rekening ke dalam pencatatan berikutnya (jurnal)
Kegunaan bukti transaksi :
a.       Bukti yuridis dari suatu transaksi keuangan
b.       Menjadi rujukan jika ada masalah di kemudian hari
c.        Pertanggungjawaban atas pelaksanaan suatu transaksi sehingga kebenaran transaksi terjamin.
Manfaat utama bukti transaksi adalah menyediakan bukti tertulis tentang transaksi yang dilakukan sekaligus menghindari kemungkinan terjadinya sengketa dimasa datang.
Jenis bukti transaksi
Bukti transaksi dilihat dari asalnya dibagi menjadi dua yaitu :
a.       Bukti transaksi internal yaitu bukti transaksi yang terjadi di dalam perusahaan biasanya berupa memo dari pimpinan.
b.       Bukti transaksi eksternal yaitu bukti transaksi yang terjadi dengan pihak luar perusahaan. Jenis transaksi eksternal :
·     Faktur (invoice) yaitu bukti transaksi penjualan barang secara kredit, dibuat oleh penjual dan disampaikan kepada pihak pembeli. Dibuat rangkap dua, yang asli diberikan pembeli yang copy dipegang penjual sebagai bukti penjualan.
·     Kuitansi (official receipt) adalah bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran sesuatu. Kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh oleh pihak yang menerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran. Kuitansi terdiri dari dua bagian, pertama yang diberikan kepada pihak pembayar sedangkan yang tertinggal (sus/bonggol kuitansi) dijadikan bukti pencatatan penerimaan uang.
·     Nota kontan adalah bukti transaksi terjadinya pembelian secara tunai. Nota kontan dibuat oleh penjual untuk pembeli dan biasanya dibuat rangkap 2 lembar asli diberikan pembeli salinannya digunakan sebagai arsip penjual.
·     Nota debit ( debit memo) adalah bukti transaksi adanya pengembalian barang karena barang rusak atau tidak sesuai pesanan. Nota debit memiliki maksud untuk meminta pengurangan harga kepada penjual atau memberitahu penjual bahwa akunnya telah di debit dalam jumlah tertentu oleh pembeli karena kesalahan maupun kerusakan barang yang diterima pembeli. Nota debit dibuat oleh pembeli.
·     Nota kredit (kredit memo) adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual karena barang rusak atau tidak sesuai pesanan pembeli. Nota kredit dikeluarkan oleh pihak penjual.
·     Memo adalah bukti transaksi yang dibuat oleh pimpinan perusahaan atau orang yang berwenang untuk kejadian yang berlangsung dalam internal perusahaan.
·     Cek adalah surat perintah kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada orang atau perusahaan yang namanya tercantum dalam cek. Cek terdiri dari 2 bagian, bagian utama diserahkan kepada pihak lain sebagai alat pembayaran sedangkan bonggol cek dijadikan bukti tambahan transaksi.
·     Bilyet giro adalah surat perintah kepada bank untuk memindahbukukan uang direkening bank kepada rekening pihak lain sesuai nama yang tercantum dalam bilyet giro. Penerima bilyet giro tidak bisa menukarkan uang tunai kepada bank tetapi hanya dapat menyetorkan bilyet giro sebagai tambahan simpanan di bank.
·     Rekening koran adalah bukti mutasi kas di bank yang disusun oleh bank untuk para nasabahnya, dan digunakan sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas perusahaan dan saldo kas bank.
Langkah-langkah penyimpanan dokumentasi transaksi
a.       Cek semua bukti transaksi
b.       Kelompokkan bukti transaksi menjadi ke bukti transaksi penerimaan atau pengeluaran
c.        Catatlah setiap bukti transaksi penerimaan ke dalam bukti kas masuk. Satukan bukti kas masuk dengan bukti transaksi menggunakan stapler dengan posisi bukti transaksi dibelakang bukti kas masuk.
d.       Catatlah bukti transaksi pengeluaran kas ke dalam bukti kas keluar lalu satukan bukti kas keluar dengan bukti pengeluaran dengan posisi bukti transaksi dibelakang bukti kas keluar.
e.        Siapkan ordner untuk mendokumentasikan bukti transaksi dengan dua guide debit dan kredit
f.        Tulis pada ordner bulan dan tahun sebagai judul
g.        Beri lubang pada sisi kiri bukti kas masuk dan keluar serta bukti transaksinya dengan perforator
h.       Masukkan dan susunlah bukti transaksi secara kronologi dengan posisi transaksi terlama (tanggal 1) berada diposisi paling bawah dan tanggal terakhir di paling atas disetiap bulannya. Bukti transaksi pengeluaran pada guide kredit dan sebaliknya.
E.      PEMBUATAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN
Laporan keuangan adalah gambaran mengenai dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya. Laporan keuangan adalah sumber informasi bagi pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan karena dari laporan dapat dilihat dampak dari suatu peristiwa sehingga pihak yang berkepentingan dapat menilai kinerja perusahaan.
Tujuan laporan keuangan
a.       Menyediakan informasi tentang aktivitas bisnis dan ekonomi untuk membuat keputusan investasi.
b.       Menyediakan informasi berguna untuk investor yang potensial, kreditor yang ada serta dapat digunakan untuk menilai masa depan.
c.        Menyediakan informasi yang menunjukkan tentang sumber daya ekonomi, klaim terhadap sumber daya tersebut dan perubahan didalamnya.
Unsur laporan keuangan
a.       Aset (harta/aktiva)
Aset adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh perusahaan. Aset dibagi dua yaitu :
·         Aset lancar yaitu kas dan aset lain yang diperkirakan dapat dikonversi menjadi uang jika dijual dalam jangka waktu satu tahun.
·         Aset tetap adalah aset yang dimiliki tidak untuk dijual kembali, digunakan untuk operasi perusahaan dan mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun.
b.       Kewajiban (hutang)
Kewajiban adalah hutang perusahaan masa kini yang timbul akibat dari peristiwa masa lalu penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan. Kewajiban dibagi menjadi 2 yaitu :
·         Kewajiban jangka pendek adalah kewajiban yang diperkirakan dapat dilunasi dalam jangka waktu satu tahun atau kurang.
·         Kewajiban jangka panjang adalah kewajiban yang diperkirakan secara layak dilunasi dalam jangka waktu lebih dari satu tahun.
c.        Ekuitas (modal)
Ekuitas adalah modal pemilik yang didapatkan dari aset perusahaan dikurangi dengan semua kewajiban. Modal bagi perusahaan perorangan menunjukkan modal dari pemilik. Modal persekutuan menunjukkan modal yang ditanam oleh sekutu yang mendirikan peruasahaan. Modal PT terdiri dari saham investor PT. Modal koperasi adalah modal dari simpanan anggota.
d.       Penghasilan / income
Penghasilan adalah kenaikan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan modal yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal. Pendapatan dibagi menjadi dua yaitu :
·         Pendapatan (revenue) timbul dari pelaksanaan aktivitas perusahaan seperti penjualan, penghasilan jasa (fee), bunga, deviden, royalti, sewa, dll.
·         Keuntungan (gains) merupakan suatu hal yang ditimbulkan dari pelaksanaan aktivitas perusahaan yang dapat menambah rekening kas perusahaan.
e.        Beban (expenses)
Adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal. Beban mencakup beberapa hal antara lain :
·         Beban yang timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan biasa. Nilai beban timbul secara tetap setiap periode dan nilainya berbanding lurus dengan intensitas aktivitas yang dilakukan.
·         Kerugian merupakan hal yang diakibatkan dari aktivitas perusahaan yang dapat mengurangi rekening kas. Kerugian diakibatkan karena jumlah beban lebih besar daripada penghasilan perusahaan. Mis : bencana, penurunan aset,dll.
Membuat Laporan Keuangan
Laporan keuangan terdiri dari empat jenis :
a.       Laporan rugi laba (income statement atau profit loss statement)
Laporan ini membandingkan jumlah semua pendapatan dan semua beban dalam suatu periode.
Isi laporan laba rugi :
·         Pendapatan yaitu uang tunai atau tagihan yang diperoleh dari kegiatan usaha perusahaan dan akun menambah jumlah modal perusahaan. Modal dibagi menjadi pendapatan usaha (pendapatan yang diperoleh dari kegiatan usaha) dan pendapatan diluar usaha ( diperoleh dari usaha sampingan )
·         Beban yaitu nilai harta yang habis digunakan yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan selama jangka waktu tertentu. Beban dibagi 2 yaitu :beban usaha ( beban yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan usaha) beban diluar usaha (beban yang tidak langsung berhubungan dengan kegiatan usaha untuk memperoleh pendapatan).
Bentuk laporan laba rugi :
·         Bentuk tunggal yaitu jika pendapatan usaha dan pendapatan diluar usaha disajikan dalam satu kelompok demikian juga dengan beban. Laba rugi bersih dihitung dengan cara mengurangi jumlah pendapatan dan jumlah beban.
·         Bentuk bertahap biasanya dipakai untuk perusahaan dagang.
Contoh laporan rugi laba
b.       Perubahan modal
Laporan perubahan modal berisi :
·         Penambahan setoran dari pemilik selama periode berjalan
·         Pengambilan aset pemilik untuk kepentingan pribadi (prive)
·         Hasil kegiatan bisnis, yaitu laba rugi.
Contoh laporan perubahan modal
c.        Neraca
Neraca adalah laporan tentang posisi keuangan perusahaan pada satu titik tertentu. Neraca dibuat setiap akhir bulan dan akhir tahun. Contoh neraca
d.       Laporan arus kas
Adalah laporan yang memberikan informasi historis mengenai perubahan kas dan dari suatu perusahaan berdasarkan aktivitas operasi, investasi, maupun pendanaan selama suatu periode akuntansi. Tujuan laporan arus kas adalah untuk memberikan informasi penting mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam periode akuntansi tertentu untuk mengevaluasi pos penyajian laporan keuangan.Laporan arus kas terdiri dari :
·         Sumber dan penggunaan kas dari kegiatan operasional (kas bersih yang diperoleh dari penjualan barang atau jasa dikurangi kas keluar dari memproduksi barang/jasa)
·         Sumber penggunaan kas untuk kegiatan investasi
·         Sumber penggunaan kas untuk kegiatan pendanaan.
Contoh laporan arus kas

F.       DOKUMEN PENGAJUAN UANG TUNAI
Pengajuan uang tunai / dana kas kecil adalah sejumlah uang kas yang disediakan perusahaan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relative kecil dan untuk keperluan yang tidak terencana untuk mendukung kelancaran kegiatan pimpinan dan tidak efektif bila dibayar melalui cek.
Dana kas kecil diserahkan kepada juru bayar kas kecil perusahaan yang akan bertanggungjawab penuh atas pengeluaran dan penggunaan dana kas kecil. Pengisian dana kas kecil dapat dilakukan berdasarkan permintaan pemegang dana kas kecil jika saldonya menipis atau secara periodik.
Karakteristik dokumen pengajuan kas kecil :
·         Jumlahnya dibatasi sehingga tidak melebihi atau tidak kurang dari jumlah yang telah ditentukan sesuai dengan aturan perusahaan masing-masing
·         Digunakan untuk mendanai transaksi kecil yang bersifat rutin setiap hari
·         Disimpan ditempat khusus misalnya brankas
·         Ditangani atau dipegang oleh petugas keuangan tingkat pemula.
Tujuan dibentuknya dokumen pengajuan uang tunai :
·         Untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya kecil
·         Untuk membayar pengeluaran yang sifatnya mendadak
·         Untuk membantu kelancaran kegiatan pimpinan
·         Untuk membantu administrasi kantor atau sekretaris dalam melaksanakan tugasnya
Prosedur penanganan dokumen pengajuan uang tunai :
·         Administrasi kantor atau sekretaris membuat permohonan pengisian pengajuan uang tunai kepada bagian keuangan (bendahara) dengan melampirkan pembukuan kas kecil bulan sebelumnya yang telah disetujui oleh pimpinan
·         Jika permohonan disetujui administrasi kantor atau sekretaris menerima dana pengisian kas kecil dari bagian keuangan perusahaan berupa uang tunai/cek
·         Sekretaris mencatat penerimaan dana ke dalam bukti kas masuk ditandatangani oleh administrasi kantor atau sekretaris dan kasir atau bendahara serta disetujui oleh pimpinan dari sekretaris tersebut serta dilampiri fotokopi cek.
·         Catat pemasukan kas ke dalam buku kas
·         Uang disimpan dalam tempat yang aman
·         Bukti kas disimpan dalam ordner
·         Sekretaris dapat mengeluarkan dana kas kecil sesuai dengan keperluan pimpinan
·         Setiap terjadi pengeluaran sekretaris harus mencatat ke dalam bukti kas keluar dengan bukti transaksi penggunaan uang
·         Minta tandatangan pimpinan pada bukti kas keluar
·         Catat dan masukkan data bukti kas keluar k dalam buku kas sesuai dengan sistem yang digunakan
·         Buat laporan pertanggungjawaban penggunaan kas kecil lengkap dengan bukti transaksinya
Prosedur pengelolaan dokumen pengjuan uang tunai “
·         Catatlah setiap bukti transaksi penerimaan dana kas kecil ke dalam bukti kas masuk
·         Satukan bukti kas masuk dengan bukti transaksi penerimaan menggunakan stapler
·         Catatlah setiap bukti transaksi pengeluaran kas kecil ke dalam bukti kas keluar
·         Satukan bukti kas keluar dengan bukti transaksi pengeluaran
·         Siapkan ordner untuk mendokumentasikan bukti transaksi dengan 2 buah guide yaitu debet atau debit
Dokumen pengajuan uang tunai :
·         Formulir pengajuan dana kas kecil
·         Formulir penerimaan uang tunai
·         Formulir bukti pengeluaran uang tunai



















SOAL
1.       Pembuatan aturan atau kebijakan tentang penggunaan dan penerimaan keuangan merupakan pengertian dari ....
a.       Administrasi
b.       Keuangan
c.        Manajemen keuangan
d.       Administrasi keuangan dalam arti sempit
e.        Administrasi keuangan dalam arti luas
2.       Pembuatan secara detail pengeluaran dan penerimaan uang termasuk dalam komponen administrasi keuangan yang berupa ...
a.       Perencanaan keuangan
b.       Penganggaran keuangan
c.        Pengelolaan keuangan
d.       Pencarian keuangan
e.        Pengendalian keuangan
3.       Organisasi harus terbuka dengan pekerjaan, menyediakan informasi yang berkaitan dengan rencana dan aktivitas administrasi keuangan adalah prinsip administrasi keuangan ....
a.       Konsistensi
b.       Akuntabilitas
c.        Transparansi
d.       Integritas
e.        Pengelolaan
4.       Kegiatan penggunaan dana untuk membiayai seluruh kegiatan organisasi adalah fungsi administrasi keuangan ....
a.       Pembelanjaan
b.       Investasi
c.        Mencari dana
d.       Pembagian laba
e.        Rekonsiliasi
5.       Catatan yang digunakan untuk mencatat perubahan harta, hutang, modal, pendapatan dan beban disebut....
a.       Buku besar
b.       Jurnal penjualan
c.        Jurnal penerimaan kas
d.       Buku piutang
e.        Buku kas kecil
6.       Berikut ini yang bukan merupakan tanggungjawab dari petugas administrasi keuangan adalah ....
a.       Membuat, memeriksa dan mengarsip faktur, nota dan laporan hutang piutang
b.       Membuat dan mengecek tagihan pada para debitur
c.        Menerima dan memeriksa tagihan dan merekapnya
d.       Memeriksa rangkuman kas kecil
e.        Membuat surat keputusan besarnya dana kas kecil
7.       Bagian yang menerima bukti pengeluaran kas dalam buku jurnal pengeluaran kas adalah ....
a.       Kasir
b.       Akuntansi
c.        Utang
d.       Bendahara
e.        Pemegang dana kas kecil                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   
8.       Bagian dalam penerimaan kas yang bertugas memeriksa keuangan perusahaan disebut ....
a.       Bagian akuntansi
b.       Bagian kasir
c.        Bagian kas kecil
d.       Bagian piutang
e.        Bagian audit
9.       Aset perusahaan yang paling siap digunakan sebagai alat pembayaran disebut ....
a.       Anggaran
b.       Kas
c.        Sekretariat
d.       Utang
e.        Asset
10.    Dokumen yang dibuat oleh orang yang memerlukan pengeluaran uang kepada kasir adalah ....
a.       Bukti kas masuk
b.       Bukti kas keluar
c.        Voucher
d.       Jurnal
e.        Daftar piutang
11.    Rangkaian kegiatan dan prosedur dalam mengelola uang disebut ....
a.       uang
b.       keuangan
c.        administrasi
d.       administrasi keuangan dalam arti luas
e.        administrasi keuangan dalam arti sempit
12.    Berikut ini yang bukan merupakan tujuan administrasi keuangan adalah ....
a.       berkurangnya kekeliruan pembuatan laporan keuangan
b.       memperlancar proses keluar masuknya uang
c.        mempermudah transaksi keuangan
d.       adanya pencatatan transaksi keuangan
e.        mengetahui kondisi keuangan perusahaan
13.    Berikut ini yang bukan merupakan aliran kas masuk adalah ....
a.       hasil penjualan
b.       penagihan piutang
c.        penjualan aktiva
d.       administrasi penjualan
e.        pinjaman dari pihak lain
  1. Bagian yang bertugas menerima uang dari pembayaran langsung hasil penjualan disebut ....
a.       bagian utang
b.       bagian kasir
c.        bagian piutang
d.       bagian pemeriksa
e.        bagian akuntansi
  1. Menerima cek dari debitur adalah tanggungjawab dari fungsi penerimaan kas ....
a.       fungsi sekretariat
b.       fungsi penagihan
c.        fungsi kas
d.       fungsi akuntansi
e.        fungsi pemeriksaan intern
  1. Fungsi dalam penerimaan kas yang bertugas untuk menghitung jumlah uang yang ada ditangan secara periodik disebut ....
a.       fungsi sekretariat
b.       fungsi penagihan
c.        fungsi kas
d.       fungsi akuntansi
e.        fungsi pemeriksaan intern
  1. Berikut yang bukan merupakan dokumen yang digunakan untuk penerimaan kas adalah ....
a.       Surat Pemberitahuan
b.       Daftar Surat Pemberitahuan
c.        Bukti Setor Bank
d.       Kuitansi
e.        Faktur
  1. Berikut ini yang bukan merupakan aliran kas keluar adalah ....
a.       biaya bahan baku
b.       pembelian aktiva
c.        pinjaman atau hutang
d.       pembayaran pajak
e.        pembayaran investasi
  1. Fungsi pengeluaran kas yang memiliki tugas menerima dokumen dari bagian lain yang akan digunakan sebagai bukti pendukung adanya transaksi adalah tugas dari fungsi ....
a.       utang
b.       kasir
c.        akuntansi
d.       pengawas intern
e.       penjualan
20.    Berikut ini yang bukan merupakan aliran kas keluar adalah ....
a.       Pembelian aktiva tetap
b.       Pembayaran beban
c.        Pinjaman dari pihak lain
d.       Pembayaran kembali investasi
e.        Pembayaran hutang



21.    Apabila penjual menjual barangnya secara kredit, maka bukti transaksi yang harus dibuat penjual adalah ....
a.       Faktur
b.       Nota debit
c.        Nota kredit
d.       Cek
e.        Bilyet giro
22.    Surat perintah kepada bank untuk memindah bukukan uang dari rekeningnya ke rekening penerima adalah pengertian dari ....
a.       Cek
b.       Kuitansi
c.        Bilyet giro
d.       Nota debit
e.        Nota kredit
23.    Berikut ini yang bukan merupakan langkah pendokumentasian bukti penggunaan anggaran adalah ....
a.       Cek semua bukti transaksi
b.       Kelompokkan bukti transaksi kedalam kelompok penerimaan dan pengeluaran
c.        Catatlah bukti transaksi penerimaan kedalam bukti kas masuk
d.       Siapkan ordner dan guide untuk menyimpan bukti transaksi
e.        Masukkan bukti transaksi kedalam ordner dengan urutan abjad
24.    Berikut ini yang bukan termasuk tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah ....
a.       Menyediakan informasi bagi pemilik perusahaan
b.       Menyediakan informasi bagi investor
c.        Menyediakan informasi bagi para kompetitor
d.       Menyediakan informasi yang menunjukkan tentang sumber daya ekonomi
e.        Menyediakan informasi mengenai perubahan modal dan aktiva perusahaan
25.    Kas atau tagihan yang diperoleh dari kegiatan usaha perusahaan dan akan menambah jumlah modal perusahaan disebut ....
a.       Harta
b.       Kewajiban
c.        Ekuitas
d.       Pendapatan
e.        Beban
26.    Laporan keuangan yang menunjukkan total aktiva dan total pasiva adalah ....
a.       Laporan laba rugi
b.       Laporan perubahan modal
c.        Laporan neraca
d.       Laporan arus kas
e.        Buku besar
27.    Untuk membuat laporan perubahan modal yang dibutuhkan adalah unsur laporan keuangan ....
a.       Total modal dan total aktiva
b.       Total modal dan total prive
c.        Total modal dan total beban
d.       Total modal dan pendapatan
e.        Total modal dan kewajiban
28.    Berikut ini yang bukan merupakan karakteristik dokumen pengajuan uang tunai adalah ....
a.       Jumlah kas kecil tidak dibatasi penggunaannya
b.       Kas nantinya digunakan untuk mendanai transaksi kecil yang bersifat rutin
c.        Kas disimpan ditempat khusus (brankas) yang aman
d.       Kas dipegang oleh petugas keuangan di tingkat pemula
e.        Kas digunakan untuk membantu pimpinan untuk melaksansakan tugasnya
29.    Dalam pengajuan uang tunai / kas kecil pihak yang memberikan uang sebagai pengisian kembali dana kas kecil adalah ....
a.       Staff administrasi
b.       Sekretaris
c.        Bendahara
d.       Pimpinan
e.        Kasir
30.    Berikut ini yang bukan merupakan prosedur pengelolaan dokumen pengajuan uang tunai adalah ....
a.       Administrasi kantor atau sekretaris membuat permohonan pengisian pengajuan uang tunai kepada pimpinan
b.       Jika permohonan disetujui administrasi kantor atau sekretaris menerima dana pengisian kas kecil dari bagian keuangan perusahaan berupa uang tunai/cek
c.        Sekretaris mencatat penerimaan dana ke dalam bukti kas masuk ditandatangani oleh administrasi kantor atau sekretaris dan kasir atau bendahara serta disetujui oleh pimpinan dari sekretaris tersebut serta dilampiri fotokopi cek.
d.       Catat pemasukan kas ke dalam buku kas
e.        Uang disimpan dalam tempat yang aman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar