MENYUSUN PERSYARATAN
PERSONEL ADMINISTRASI
A. Pengertian Personil Kantor
Menurut KBBI, personil
kantor adalah pegawai; anak buah; awak.
1.
Pegawai negeri: pegawai
yang bekerja pada instansi pemerintah dan digaji oleh pemerintah
2.
Pegawai swasta: pegawai
yang bekerja pada perusahaan swasta/di luar instansi pemerintah dan digaji oleh
perusahaan swasta tersebut
3.
Pegawai tetap: pegawai
yang sudah diangkat resmi memiliki status pegawai dengan gaji dan tunjangan
tetap, baik bekerja di instansi pemerintah maupun swasta
Jadi dapat disimpulkan
bahwa personil kantor adalah orang-orang atau karyawan/pegawai yang menjalankan
atau melayani pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi/kantor pemerintahan
atau swasta untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan mendapat imbalan jasa
berupa gaji dan tunjangan.
B. Macam-Macam Personil Kantor
1.
Administrator atau
petugas pelaksana administrasi adalah orang yang menentukan garis-garis besar
kebijakan dan tujuan yang harus dijalankan oleh kantor sebagai pedoman dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2.
Manajer adalah orang yang
memimpin pelaksanaan kerja, menggerakan orang lain/para staf, mengelola dan
mendayagunakan uang, peralatan, sarana dan prasarana kantor untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan
3.
Staf atau pembantu ahli
adalah para tenaga ahli yang karena kecakapan dan kemampuan dalam bidangnya,
bertugas membantu administrator dan manajer dalam melaksanakan
pekerjaan-pekerjaan kantor
4.
Worker atau
pegawai/pekerja adalah para karyawan yang langsung digerakan oleh manajer
dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kantor
C. Tugas dan Tanggung Jawab Personil Kantor
Besar kecilnya tugas dan
tanggung jawab personil, tergantung jenis dan besarnya suatu organisasi/kantor.
Secara umum tugas dan tanggung jawab personil kantor sebagai berikut;
1.
Kepala kantor/pimpinan
kantor/direktur/ administrator, bertugas
a.
Membuat perencanaan ,
menetapkan tujuan, dan memberi gambaran tentang kebutuhan kantor
b.
Menempatkan personil
kantor yang tepat pada jabatan tertentu
c.
Melaksanakan pengawasan,
pendelegasian wewenang dan tanggungjawab pada bawahan
d.
Merancang pengembangan
organisasi
e.
Merancang system manajemen
dengan tepat
f.
Memantau dan bertanggung
jawab terhadap kelancaran aktivitas kantor secara keseluruhan
2.
Manajer, bertugas
a.
Menerjemahkan tujuan dari
kebijaksanaan yang telah dibuat administrator
b.
Memastikan rencana kerja
telah dilaksanakan
c.
Melakukan pembagian tugas
kepada pejabat tingkat bawah
d.
Menentukan prosedur
khusus bagi tiap tugas
e.
Menentukan batas waktu
pelaksanaan tugas
f.
Menentukan instrument pengawasan
yang tepat bagi staf
3.
Staf / supervisor,
bertugas ;
a.
Memberikan petunjuk,
bimbingan dan pengendalian kepada bawahan secara langsung
b.
Meminpin pelaksanaan
kerja
c.
Perantara manajer puncak
dengan pekerja
4.
Pekerja, bertugas :
a.
Melaksanakan pekerjaan
secara teknis secara langsung
b.
Bertanggungjawab langsung
terhadap hasil dan mutu produk yang dihasilkan
c.
Menjaga kualitas dari
produk yang dihasilkan.
5.
Bagian keuangan atau
kasir, bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan, mengatur arus kas
keluar dan kas masuk
6.
Sekretaris, bertanggung
jawab membuat agenda dan jadwal kegiatan kerja pimpinan, juga untuk karyawan di
bagian lainnya, serta membuat surat keluar
7.
Penerima tamu,
bertanggung jawab atas pelayanan terhadap tamu atau orang-orang yang mempunyai
kepentingan terhadap kantor
D. Perangkat Kerja Personil Kantor
Umumnya perangkat kerja
yang dibutuhkan berupa meja/kursi kerja, lemari arsip/filing cabinet, alat
tulis, kertas tulis, komputer, mesin tik, pesawat telepon, dan lain
sebagainya. Perangkat kerja yang dibutuhkan dalam membantu proses
tugas-tugas admistrasi adalah komputer.
Pedoman tugas personel
kantor antara lain :
1.
Bagan organisasi
2.
Tata cara menelpon
3.
Tata cara melayani tamu
4.
Contoh bentuk surat dan
memo
5.
Daftar penyimpanan arsip
6.
Daftar alamat dan nomor
telepon karyawan dan relasi
7.
Prosedur perjalanan dinas
8.
Prosedur keuangan
perusahaan
9.
Prosedur pembelian barang
10. Dll.
E. Syarat-syarat personil kantor
1.
Persyaratan pengetahuan
adalah syarat-syarat yang mencakup pengetahuan yang mendasari sesuatu profesi
tertentu yang biasanya diukur dengan
tingkat pendidikan formal. Bukti dari persyaratan pengetahuan antara lain
ijazah, transkrip nilai, piagam, sertifikat, dll.
2.
Persyaratan ketrampilan,
menurut The Liang Gie dalam buku administrasi perkantoran modern, seorang
personil kantor dinyatakan terampil bekerja, apabila karyawan administrasi
tersebut telah mampu dengan baik melaksanakan tugas-tugas pelayanan yang
mencakup enam pola kegiatan:
a.
Menghimpun, yaitu mencari
dan mengusahakan informasi yang belum ada sehingga siap digunakan. Misalnya mencari
informasi lewat internet, dll
b.
Mencatat, yaitu kegiatan
tulis menulis mengenai data yang diperlukan sehingga berwujud tulisan yang
memiliki arti yang dapat kirim dan disimpan. Misalnya membuat notula, surat,
dll.
c.
Mengolah, yaitu kegiatan
mengolah informasi agar dapat tersaji dalam bentuk laporan yang lebih berguna. Misalnya
membuat laporan keuangan,dll.
d.
Menggandakan,yaitu
memperbanyak informasi yang telah diolah dalam jumlah yang diperlukan. Misalnya
memperbanyak dengan mesin fotocopy, risograph, dll.
e.
Mengirim, yaitu kegiatan
menyampaikan onformasi dengan berbagai cara dan alat dari satu pihak kepada
pihak lain. Misalnya mengirim surat melalui POS/email, dll.
f.
Menyimpan, yaitu kegiatan
meletakkan informasi dengan berbagai cara dan alat ditempat tertentu yang aman.
Misalnya menyimpan arsip di filling cabinet, menyimpan file di computer/flashdisk,dll.
3.
Persyaratan kepribadian
Kepribadian adalah
keseluruhan watak dan sifat seseorang.ciri-ciri yang menyangkut kepribadian:
a.
Cara berbicara dan cara
berjalan
b.
Sikap badan pada saat
duduk
c.
Sikap luwes dan cara
berbusana yang serasi disesuaikan dengan waktu dan acaranya
d.
Sifat bersih dan rapi
e.
Sifat yang berkaitan
dengan menjaga kesehatan diri
f.
Sifat yang berkaitan
dengan kemampuan dari ketrampilan dalam bekerja
g.
Sifat agamis yang
berkaitan dengan segi kerohanian
Syarat kepribadian yang
diperlukan seorang personil kantor:
a.
Loyalitas (kesetiaan
terhadap perusahaan) sehingga tercipta “sense of belonging” atau rasa memiliki
dan saling menjaga nama baik organisasi.
b.
Tekun dan rajin, sikap
ini terwujud dari sikap sungguh-sungguh, cermat, giat, semangat dalam bekerja.
c.
Kesabaran, adalah sikap
menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak
mengeluh.
d.
Kerapian, berkaitan dengan bagaimana seseorang dapat
bekerja dengan rajin dan tidak berantakan.
e.
Dapat menyimpan rahasia,
yaitu memiliki kendali untuk menyimpan rahasia perusahaan agar tidak diketahui
oleh pohak lain yang dapat merugikan perusahaan.
E. Tahapan-Tahapan Pengadaan Personil Kantor
1. Analisis Jabatan
Analisis jabatan adalah
kegiatan mempelajari dan menyimpulkan keterangan atau fakta yang berkaitan
dengan jabatan secara sistematis. Manfaat analisa jabatan adalah untuk
memberikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan uraian pekerjaan
(job description), spesifikasi pekerjaan (job specification), dan evaluasi
pekerjaan (job evaluation). Analisis jabatan berguna untuk:
a.
Perekrutan dan seleksi karyawan
b.
Kompensasi gaji karyawan
c.
Evaluasi jabatan
d.
Penilaian prestasi kerja
karyawan
e.
Pelatihan (training)
f.
Promosi dan pemindahan
karyawan
g.
Organisasi
h.
Memperkaya pekerjaan
i.
Penyederhanaan pekerjaan
j.
Penempatan karyawan
2. Rekrutmen
Menurut KBBI, rekrutmen
adalah pengerahan, masalah tenaga kerja. Rekrutmen adalah proses usaha untuk
mencari dan mempengaruhi tenaga kerja agar mau melamar untuk lowongan kerja
yang ada dalam suatu perusahaan atau instansi, baik instansi swasta maupun
pemerintah. Tujuan recruitment adalah untuk mengisi lowongan kerja yang
ada, untuk menjaga kelancaran dan kelangsungan hidup organisasi. Rekrutmen harus
berpedoman pada spesifikasi pekerjaan yang telah ditentukan unuk mengisi
jabatan tersebut. Spesifikasi harus diuraikan secara jelas agar pelamar
mengetahui kualifikasi apa saja yang dibutuhkan. Penentuan sumber-sumber
rekrutmen:
a.
Sumber internal adalah tenaga
kerja atau karyawan yang akan mengisi suatu lowongan kerja diambil dari dalam
perusahaan tersebut, dengan cara mutasi atau pemindahan karyawan yang memenui
spesifikasi ke suatu bagian tertentu yang kosong atau untuk mengisi tugas baru
b.
Sumber eksternal adalah
tenaga kerja atau karyawan yang akan mengisi mengisi kerja yang diambil dari
luar perusahaan. Sumber-sumber dalam recruitment menurut Handoko (2013) adalah
:
1) Walk-ins, yaitu pelamar datang sendiri kepada organisasi atau
perusahaan yang melakukan perekrutan. Mereka tidak mengetahui apakah perusahaan
yang bersangkutan ada atau tidak ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan
pengetahuan dan keterampilannya.
2) Pengiklanan. Pengiklanan (advertising) adalah suatu metode
efektif lainnya untuk penarikan. Pemasangan iklan dapat dilakukan melalui
berbagai media baik cetak maupun elektronik.
3) Agen-agen penempatan tenaga kerja, yaitu kantor yang berfungsi
sebagai penyalur kebutuhan lowongan kerja dan pencari kerja baik Agen penempatan tenaga kerja pemerintah (Depnaker)
maupun swasta.
4) Lembaga-lembaga pendidikan. Perusahaan bekerjasama dengan
lembaga pendidikan untuk mendapatkan tenaga kerja yang siap guna dan siap
pakai, biasanya dimulai dengan penerimaan magang mahasiswa, jika mahasiswa itu
layak mereka dapat direkrut menjadi karyawan tetap.
5) Organisasi-organisasi karyawan. Perusahaan bekerjasama dengan
organisasi karyawan dalam hal ini serikat pekerja, yamg mana perusahaan
biasanya meminta kepada serikat buruh daftar tenaga kerja yang memiliki
kemampuan yang tepat.
6) Leasing. Yaitu penarikan tenaga kerja denagan cara menarik
tenaga-tenaga honorer dalam jangka waktu tertentu yang dibayar secara harian
atau per jam.
7) Nepotisme, yaitu penarikan tenaga kerja yang berasal dari
anggota keluarga. Cara ini dapat digunakan apabila organisasi atau perusahaan
hanya dimiliki oleh perorangan saja.
8) Asosiasi-asosiasi professional
Perusahaan atau asosiasi yang bergerak pada pencarian tenaga
kerja profesional mengkhususkan pada pencarian tenaga kerja tertentu saja,
misalnya adalah tenaga eksekutif dan tenaga kerja professional lainnya yang
memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus. Contoh asosiasi professional
adalah KADIN, IAI, HIPMI, IWAPI, dsb.
9) Operasi Militer, yaitu lembaga ini digunakan apabila organisasi
atau perusahaan yang bersangkutan memerlukan tenaga kerja professional yang
memiliki keahlian-keahlian khusus yang akan ditempatkan pada jenis pekerjaan
yang membutuhkan keteranpilan yang hanya disediakan oleh lembaga-lembaga
militer saja. Misalnya yang dibutuhkan adalah sebagai pilot, penjaga keamanan,
mekanik.
10) Open House. Teknik penarikan tenaga kerja yang dibuat dengan
mengundang orang keperusahaan untuk melihat keunggulan perusahaan dan
diharapkan tertarik bekerja diperusahaan tersebut.
11) Rekomendasi dari karyawan (employee Referrals)
Para karyawan perusahaan dapat merekomendasikan pencari
pekerjaan kepada departemen personalia. Biasanya karyawan yang telah lama
bergabung memberikan rekomendasi bahwa mereka mengetahui calon tenaga kerja
yang memiliki kualifikasi seperti yang dibutuhkan oleh perusahan.
3. Seleksi
Menurut KBBI, seleksi adalah pemilihan (untuk mendapatkan yang
terbaik); metode prosedur yang dipakai oleh bagian personalia ketika memilih
orang untuk mengisi lowongan pekerjaan. Langkah-langkah seleksi personil
kantor :
§ Seleksi administrative, yaitu menyeleksi calon karyawan yang
syarat administrasinya tidak memenuhi syarat yang diajukan perusahaan. Misalnya
tidak melampirkan fc ijazah, foto, dll sesuai syarat administrasi.
§ Memeriksa referensi adalah kegiatan memeriksa keterangan dari
seseorang yang bekerja pada perusahaan pada surat lamaran pelamar.
§ Tes psikologi yaitu tes untuk mengukur kepribadian, bakat, minat
kecerdasar dan potensi seseorang terhadap pekerjaan.
§ Wawancara adalah percakapan yang dilakukan pewawancara dan
pelamar secara formal untuk mengetahui hal lebih dalam mengenai pelamar.
§ Pemeriksaan kesehatan yaitu surat keterangan bahwa seseorang
tidak memiliki penyakit tertentu atau memenuhi klasifikasi pekerjaan bidang
kesehatan untuk melamar suatu pekerjaan. Misalnya tidak memiliki mata minus,
dll.
§ Penempatan personil kantor yaitu menempatkan personil yang
diterima pada jabatan atau pekerjaan yang membutuhkan dan sekaligus
mendelegasikan wewenang kepada personil tersebut.
§ Induksi adalah kegiatan untuk memperkenalkan personil baru
dengan tugas,pekerjaan, penyelia, dan pegawai lain.
§ Orientasi adalah kegiatan pengenalan atau pengakraban personil
baru terhadap situasi dan linkungan pada personil kantor baru.
SOAL LATIHAN KD. 3.2
MENYUSUN PERSYARATAN PERSONIL ADMINISTRASI
Pilihlah salah satu
jawaban yang paling tepat pada soal-soal dibawah ini!
1. 1. Setiap
kegiatan usaha disuatu kantor pasti
membutuhkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan kantor. Orang yang
menjalankan pekerjaan dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu
disebut ….
A. pegawai
administrasi
B. staf
administrasi
C. petugas
kantor
D. administrator
E. personil kantor
2. Di
dalam suatu kantor dibutuhkan orang-orang yang melakukan pekerjaan kantor.
Berikut ini merupakan tingkatan pegawai kantor dari yang tertinggi sampai
terendah adalah ….
A. Administrator, Manajer, Staf, Worker
B. Manajer,
Administrator, Staf, Worker
C. Staf,
Administrator, Manajer, Worker
D. Worker,
Staf, Manajer, Administrator
E. Manajer,
Administrator, Worker, Staff
3. Andi
adalah manajer pada PT. MAJU JAYA. Sebagai seorang manajer yang bukan merupakan
tugas dan tanggungjawab Andi adalah ….
A. Menerjemahkan
tujuan dari kebijaksanaan yang dibuat pimpinan
B. Menempatkan personil yang tepat pada jabatan tertentu
C. Melakukan
pembagian tugas kepada jabatan yang paling bawah
D. Menentukan
instrument pengawasan yang tepat
E. Memastikan
apakah rencana kerja telah dilaksanakan
4. Setiap
pegawai kantor yang bekerja dalam perusahaan pasti memiliki perangkat kerja yang
membantunya dalam melakukan pekerjaan kantor sehari-hari. Berikut ini perangkat
kerja yang paling dibutuhkan oleh pegawai administrasi adalah ….
A. Tata
cara menelpon, jadwal rapat dan peraturan keamanan perusahaan
B. Jadwal rapat, prosedur perjalanan bisnis, prosedur penyimpanan arsip
C. Bagan
organisasi, tugas pekerjaan bagian lain, tata cara menelpon
D. prosedur
penyimpanan arsip, tata cara menelpon, tata cara pemesanan barang
E. jadwal
rapat, prosedur perjalanan bisnis, tata cara pemesanan barang
5. Sebuah
perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi bagian keuangan. Jika
dilihat dari syarat pengetahuan maka perusahaan tersebut akan membuka lowongan
untuk pegawai dengan latar belakang pendidikan ….
A. teknik
industry
B. manajemen
pemasaran
C. akuntansi
D. manajemen
perkantoran
E. psikologi
6. Perhatikan
beberapa ketrampilan berikut !
1) Mencari
dan mengusahakan informasi yang diperlukan
2) Mengolah
informasi agar tersaji dalam bentuk laporan
3) Memasarkan
produk pada konsumen
4) Mencatat
data yang diperlukan
5) Memperbanyak
informasi yang telah diolah dengan berbagai cara dan alat
Pernyataan di atas yang termasuk
ketrampilan yang dipersyaratkan bagi pegawai administasi adalah ….
A. 1,2
dan 3
B. 2,3
dan 5
C. 1,3
dan 4
D. 1,2,3
dan 4
E. 1,2,4 dan 5
7. Dedi
adalah seorang pegawai kantor yang memiliki dedikasi yang tinggi dan sangat
setia pada perusahaan. Sikap yang ditunjukkan Dedi merupakan sikap ….
A. tekun
B. sabar
C. rapi
D. loyalitas
E. dapat
dipercaya
8. Perhatikan
urutan langkah-langkah dalam analisis jabatan berikut!
1) Membagi
sejumlah pekerjaan dalam organisasi
2) Menentukan
persyaratan apa yang harus dipenuhi
3) Menentukan
tugas dan tanggungjawab pada setiap pekerjaan
4) Dimana
pekerjaan tersebut dilakukan
5) Kapabilitas
personal yang disyaratkan
Berdasarkan pernyataan diatas urutkan
langkah-langkah analisis jabatan yang tepat!
A. 1,2,3,4
dan 5
B. 1,2,4,3
dan 5
C.
1,3,2,4 dan 5
D. 1,3,2,5
dan 4
E. 1,4,3,2
dan 5
9. Dedi
mempromosikan temannya kepada bagian personalia agar dapat bekerja dikantor bersamanya.
Pola rekruitmen tersebut ialah ….
A. Pengiklanan
B.
Walks-in
C. Rekomendasi
D.
Leasing
E. Nepotisme
10. Perhatikan
prosedur seleksi berikut ini!
1) Tes
kesehatan
2) Penempatan,
induksi dan orientasi
3) Wawancara
4) Pengisian
formulir
5) Memeriksa
referensi
6) Wawancara
lanjutan
7) Tes
psikologi
8) Persetujuan
atasan langsung
Prosedur seleksi yang paling tepat ialah
….
A. 3-4-5-7-6-8-1-2
B. 3-4-7-5-6-8-1-2
C. 4-3-5-7-6-8-1-2
D. 3-4-5-7-6-8-2-1
E. 3-4-5-7-8-6-2-1
KUNCI
JAWAB
1. E
2. A
3. B
4. B
5. C
6. E
7. D
8. C
9. C
10. A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar